Infrared [IR] Learner

0 Comment
Baru-baru ini dikenalin sama temen yang namanya kamera infra merah...moto pakai kamera infra merah itu katanya merupakan teknik mengambil gambar dengan cahaya yang tak terlihat [???]. Maksudnya bentuk gelombang cahanya tidak terlihat oleh mata manusia. Fotografi infra merah ini sangat penting untuk astronom dan fisikawan lho... Tapi penting juga bagi saya yang baru-baru ini sedang penelitian menggunakan objek gambar, jadi sedikit banyak harus belajar tentang kamera infrared ini.

Katanya fotografi Infrared ini mahhal.. Tetapi ketika kamera digital datang, fotografi infrared menjadi lebih mudah dan lebih murah.

Sensor CCD dan CMOS kamera digital sebenernya punya kemampuan untuk menangkap cahaya infrared. Namun, produsen menempatkan filter di depannya untuk menghalangi sinar ultraviolet dan infrared, karena dapat mengganggu dan mengacaukan gambar.

Oleh karena itulah, teman saya memodifikasi kamera digital tersebut...cara dan bukti fisiknya kapan-kapan saya pos ya..Butuh wawancara dulu sama empunya..sementara saya kasih lihat hasil gambarnya, kali ini saya yang jadi model [siap-siap narsis] ^_^
belom PD nge-post hasil jepretan sendiri :)

Pengambilan gambar pada malam hari
Lokasi: Balai kota Surabaya

Canon DIGITAL IXUS 95 IS modifikasi
f/2.8 | 0.6 sec | ISO-400 | 6 mm | no flash | manual WB

Pengambilan gambar pada siang hariLokasi: Stasiun Wonokromo Surabaya

Canon DIGITAL IXUS 95 IS modifikasi
f/2.8 | 1/10 sec | ISO-100 | 6 mm | no flash | manual WB

0 Comment:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

 

©Copyright 2011 Hey, Morn'! | TNB